Bersyukur: Sebuah Nilai Universal

Sama seperti sedekah, bersyukur juga merupakan salah satu ajaran yang bersifat universal. Jika sedekah lebih berfokus pada hubungan interpersonal antar sesama manusia, bersyukur lebih berfokus pada hubungan intrapersonal dengan diri sendiri dan dengan Sang Pencipta.


Tulisan ini merangkum berbagai referensi yang saya pelajari tentang pentingnya memiliki rasa syukur (gratitude/thankfulness). Semoga dapat menjadi pengingat bagi diri sendiri bahwa hanya dengan rasa syukur kita bisa mencapai kebahagiaan dalam hidup.


Photo by Gabrielle Henderson


Bersyukur menurut Judaism

"Hakarat HaTov" (הכרת הטוב) merupakan istilah dalam bahasa Ibrani yang menggambarkan bersyukur, dengan makna harfiah "mengenali kebaikan". Kewajiban ini tidak hanya sebatas mengucapkan terima kasih, tetapi juga mengakui segala kebaikan meskipun dalam situasi yang sulit. Sebagai contoh, jika kita kehilangan pekerjaan namun masih memiliki kesehatan dan keluarga, kita masih memiliki alasan untuk bersyukur. Dalam tradisi Rabinik, ada doa "Modeh Ani" yang diucapkan saat bangun tidur pagi, bahkan sebelum kita beranjak dari tempat tidur.


    Bersyukur menurut Kristen

    Dalam ajaran Kristen, terdapat banyak ayat Alkitab yang membahas mengenai bersyukur. Berikut ini beberapa prinsip utamanya:


    Bersyukur menurut Islam

    Perintah untuk bersyukur (شكر‎) kepada Allah tertulis dalam beberapa ayat Al-Quran dan dijelaskan dalam beberapa hadits.


    Bersyukur menurut Hindu

    Rasa syukur perlu diimplementasikan melalui doa dan perbuatan baik.


    Bersyukur menurut Buddhism

    Budha mengajarkan bahwa orang yang berintegritas dan beradab itu memiliki rasa syukur dan selalu berterima kasih.

    • Kita perlu mengungkapkan rasa syukur kita dengan berbakti kepada kedua orang tua kita. (AN 2.31-32)
    • Kebaikan dan rasa syukur merupakan kebajikan yang harus kita kembangkan bersama. (AN 2:118)


    Bersyukur menurut Sains

    Selain menjadi sebuah ajaran yang bersifat universal, rasa syukur juga terbukti menghasilkan dampak positif dalam hidup kita berdasarkan penelitian ilmiah.

    • Orang yang senantiasa bersyukur memiliki korelasi positif dengan kondisi fisik, kondisi psikologis, dan kondisi sosial. (UC Davis, 2008)
    • Bersyukur itu membuat kita lebih bahagia. (Harvard University, 2011)
    • Bersyukur itu membantu kesehatan mental kita. (Indiana University, 2016)
    • Bersyukur itu membuat kita lebih sehat, tidur lebih nyenyak, lebih murah hati, dan terhindar dari depresi. (University of Southern California, 2019)

    No comments :