Memaknai Kemerdekaan

Tujuh puluh lima tahun yang lalu Soekarno, Hatta, dan para pejuang lainnya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dengan adanya proklamasi tersebut berarti bangsa Indonesia menyatakan diri sebagai bangsa yang bebas, melepaskan diri dari penjajahan. Para pejuang kemerdekaan menyatakan untuk berdaulat atas bangsa kita sendiri, mau membangun negara ini, tanpa campur tangan negara lain. Kita bersama-sama bertekad untuk membawa Indonesia maju, menjadi bangsa yang lebih baik daripada sebelumnya saat masih dijajah oleh bangsa lain.


Tahun ini acara 17-an di kantor cukup unik. Karena kita masih disarankan untuk bekerja dari rumah, jadi semua acarapun diadakan secara virtual, termasuk upacara bendera virtual. Tahun ini pula saya kali pertama diminta untuk membawakan amanat pembina upacara. Saya jadi merenungi sebenarnya apa makna kemerdekaan yang sesuai dengan konteks yang kita alami saat ini.


Upacara Bendera Virtual – Suitmedia 2020


Ada tiga pelajaran utama yang saya dapatkan dari kisah perjuangan para pendahulu kita di era kemerdekaan, khususnya dari tahun 1920 s/d tahun 1949, yaitu: freedom, autonomy, dan improvement.


1. Kemerdekaan itu berarti kita mampu lepas dari keterikatan.

Independence means we have our freedom to escape from negative attachments. Kemerdekaan Indonesia memberikan makna bahwa kita lepas dari keterikatan dengan penjajahan yang dilakukan bangsa lain. Kemerdekaan Indonesia juga menjadi pengingat bahwa segala perjuangan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan berhasil.


Mempertahankan kemerdekaan bisa diartikan sebagai menghindari keterikatan terhadap sesuatu yang negatif. Sebagai orang yang merdeka, kita memang bebas melakukan apa saja. Namun, perlu diingat bahwa, tidak semuanya itu bermanfaat bagi. Merdeka itu juga bukan berarti hidup tanpa ada kendali sama sekali. Jika kita hidup tanpa kendali (without any control), bisa-bisa hidup kita menjadi lepas kendali (out of control).


Dalam kesehatan, jika kita mau terus hidup merdeka, kita harus menjaga apa yang kita makan. Dalam keuangan, jika kita mau hidup merdeka, kita harus hidup sesuai kemampuan finansial kita, pengeluaran harus lebih kecil dari pemasukan. Dalam pekerjaan, jika kita mau hidup merdeka, kita harus hidup sesuai dengan peraturan dan etika kerja yang ada. Dalam kehidupan bermasyarakat, jika kita mau hidup merdeka, kita harus hidup sesuai hukum dan norma yang berlaku. Dalam kehidupan sehari-hari, jika kita mau hidup merdeka, kita harus pilih-pilih pergaulan dan menjauhi toxic relationship.


2. Kemerdekaan itu berarti kita mampu menentukan nasib kita sendiri.

Independence means we have the autonomy to take full responsibility for our own destiny. Kemerdekaan Indonesia memberikan makna bahwa kita tidak boleh bergantung pada bangsa lain. Kemerdekaan menjadi pengingat bahwa kita harus bersatu, kompak, dan bekerja untuk satu tujuan, yaitu supaya kita bisa hidup mandiri, bisa menentukan nasib kita sendiri.


Mempertahankan kemerdekaan bisa diartikan sebagai bertanggung jawab dalam menentukan nasib kita sendiri. Kita perlu belajar untuk mengendalikan diri sendiri (self control), supaya kita tidak dikendalikan orang lain atau menyalahkan orang lain atas situasi hal-hal negatif yang terjadi pada hidup kita. Semakin kita mampu mengendalikan diri, maka akan semakin kecil pengaruh orang lain atau apapun itu dalam hidup kita.


Kemerdekaan bertumbuh seiring dengan kedewasaan. Kedewasaan muncul dari sikap mengambil tanggung jawab. Seiring kita menjadi dewasa, kita akan semakin bisa mengendalikan diri, bertanggung jawab atas nasib diri kita sendiri, dan menikmati kemerdekaan yang kita miliki.


3. Kemerdekaan itu berarti kita mampu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Independence means that we are able to make improvements to bring ourselves to a better future. Kemerdekaan Indonesia memberikan makna bahwa para pejuang ingin membawa bangsa ini menjadi bangsa yang jauh lebih baik daripada situasi sebelumnya. Kemerdekaan menjadi pengingat bahwa proklamasi itu sendiri bukanlah akhir dari perjuangan, tetapi awal untuk membawa situasi kita menjadi lebih baik dalam kesehatan, pendidikan, ekonomi, kehidupan bermasyarakat, dsb.


Mempertahankan kemerdekaan juga bisa diartikan sebagai komitmen untuk bekerja keras menjadi lebih baik. Menjadi lebih baik ini berarti meningkatkan apa saja yang sudah baik dan memperbaiki apa saja yang belum baik. Lebih dari itu, menjadi lebih baik ini berarti kita bisa mengeluarkan potensi (talenta) dari dalam diri kita supaya kita menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri.


***

Makna kemerdekaan (independence) bukanlah semata-mata hanya tentang kebebasan (freedom), melainkan juga tentang tanggung jawab kita untuk menentukan nasib kita sendiri (autonomy) dan kemampuan untuk menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya (improvement). Selamat Hari Kemerdekaan ke-75, Republik Indonesia. God bless Indonesia!



No comments :