Mencatat Keuangan Pribadi

Banyak orang ketika di akhir periode tertentu bertanya-tanya selama ini uangnya dipakai buat apa. Saya dulu termasuk orang seperti itu. Saat kuliah lumayan dapat pemasukan yang cukup untuk level mahasiswa, dari proyek, honor asisten dan lain-lain. Tapi begitu sudah lulus, yang tersisa di tabungan dan yang berwujud barang rasanya kok cuma segitu saja XD. Nah, sejak saat itu, saya mulai banyak membaca buku atau artikel tentang finansial, termasuk tentang keuangan pribadi.

Setelah melakukan "studi literatur" tersebut, bisa disimpulkan bahwa langkah pertama untuk mengelola keuangan pribadi adalah dengan mencatatnya. Awalnya memang sangat merepotkan, karena harus mengingat-ingat dan mencatat pengeluaran setiap hari sepanjang tahun. Tapi lama-kelamaan, jadi terbiasa dan tidak menjadi beban.

GnuCash - Free/OpenSource Accounting Software

Ada dua tools yang biasa saya gunakan, yaitu spreadsheet dan software finansial. Tujuan keduanya sama, yaitu untuk budgeting dan expense tracking.

Kalau menggunakan spreadsheet (baik Excel, maupun LibreOffice), biasanya lebih fleksibel karena kita bisa mengatur tampilannya sesuai selera. Menurut saya, komponen yang paling penting yang harus ada di spreadsheet tersebut adalah anggaran belanja dan klasifikasi pengeluaran. Terlampir di akhir artikel ini, link untuk mendownload template financial report yang saya buat beberapa tahun yang lalu, yang saya update tiap tahun. Kita tinggal memilih jenis pengeluaran dan mengisi jumlahnya, nanti akan muncul akumulasinya di tabel dan sheet lain. Sedangkan untuk mengetahui statistik harian, kita cukup mengisi formula SUM sederhana per hari.

Tool lainnya, yaitu software finansial. Ada banyak software finansial yang ada di luar sana, antara lain Quicken, Microsoft Money, dan GnuCash. Dan software finansial favorit saya adalah GnuCash. GnuCash merupakan software finansial yang open source dan tersedia di semua platform: Mac, Linux dan Windows. Sistem pembukuan di GnuCash juga sifatnya double-entry bookkeeping. Jadi, setiap transaksi itu akan dicatat ke dua atau lebih akun, kredit atau debit. Dengan demikian, seluruh transaksi akan tercatat konsisten, jumlah uang yang "keluar" sama dengan yang "masuk". Kita bahkan bisa mencatat semua aset, rekening, pemasukan dan semua investasi kita menggunakan GnuCash.

Nah, setelah kita punya catatan pengeluaran sepanjang bulan, dari situ kita bisa menetapkan anggaran belanja (budget) bulanan untuk masing-masing kategori. Misalnya, budget untuk belanja buku tiap bulan sekian, untuk makan sekian, dan seterusnya. Dari data tersebut, kita juga bisa mengetahui di bagian mana kita harus lebih berhemat lagi. Dan pastinya, bisa membantu kita untuk menghindari "besar pasak daripada tiang". Cheers! :)

Download Financial Report 2012 (xlsx), alternatif: xls
Download GnuCash

"Divitiæ bona ancilla, pessima domina.
Money is a good servant, a dangerous master."
– Francis Bacon