My Year in Review: 2012

"Time flies on restless pinions - constant never." – Friedrich Schiller

Tulisan ini dibuat sejak akhir Desember 2012, tapi belum sempat di-post karena kesibukan baru saya di awal tahun ini. Rasanya seperti baru kemarin saya menulis rangkuman kehidupan saya di post My Year in Review: 2011. Dan memang serasa baru kemarin, karena di tahun 2012, saya sangat sangat jarang sekali mengupdate blog ini. Ada beberapa draft blogpost yang sudah saya tulis, namun hanya 1/2 jalan, belum selesai, lalu ditinggal selama berbulan-bulan. Haish.. better luck this year!

Januari
Tahun baru, semangat baru! Belajar hidup lebih irit, lebih baik mengatur keuangan pribadi, dan menghargai hasil jerih payah lebih lagi, apalagi pengeluaran tambah banyak sejak pindah dari Cikarang ke Jakarta. Oya, di awal tahun 2012, saya bersama teman-teman Suitmedia merencanakan pergi liburan ke Lombok, tapi batal di hari-H karena cuaca dan akhirnya malah jalan-jalan di Bali. However, tetep seruuu!! :)

Februari
Di bulan ini, salah satu project Suitmedia yang paling seru dan saya handle akhirnya go live, yaitu re-development website salah satu low-cost airline Indonesia. Proses migrasinya pun melibatkan beberapa tim yang lokasinya tersebar di beberapa negara: Indonesia, Thailand, Swiss (?), dan bikin gak tidur beberapa malam. Sempat ada miskomunikasi di kalangan tertentu, tapi akhirnya semua bisa teratasi dengan baik. Dari sisi technical, yang paling challenging adalah bagaimana website tetap running well ketika ada hit ribuan visitors datang pada waktu yang bersamaan – waktu itu lagi ada promo tiket Rp 139ribu.
Maret
Hm.. rasanya tidak ada yang spesial di bulan Maret. Di kantor ada banyak project yang perlu di-supervise, sembari terus menggali ide new product untuk di-develop di tahun 2012. Salah satu yang dimulai pada bulan ini adalah pengembangan SuitCMS sebagai (salah satu) web application platform di Suitmedia – tujuannya untuk meningkatkan quality dan menekan development time.


April
Di bulan April saya ikut berpartisipasi di program "Kelas Inspirasi" yang diadakan oleh yayasan Indonesia Mengajar. Kelas Inspirasi ini ditujukan untuk kaum profesional untuk berbagi cerita tentang profesi kita di hadapan anak-anak SD yang memiliki latar belakang keluarga yang kurang mampu. Di samping itu, kita diharapkan bisa menanamkan benih impian kepada mereka, supaya mereka bisa bermimpi (bercita-cita) setinggi langit dan bersemangat untuk mengejarnya. Sending a seed of hope, creating a story of a dream!



Mei
Yang paling spesial di bulan Mei adalah.. untuk pertama kalinya saya bertemu kembali seorang teman lama di acara pernikahan teman kami, 12/05/2012. Long story short, akhirnya saya punya seseorang untuk diajak ke gereja bareng, makan, nonton dan kondangan bareng. Everything seemed perfect, until... Well, sh*t happened, but life must go on.


Juni
Di bulan Juni, Suitmedia men-develop ulang dan me-launch salah satu produknya, yaitu MasukNegeri.com, portal latihan soal ujian buat anak-anak kelas 3 SMA yang sedang persiapan SNMPTN. Project ini sifatnya semacam project CSR (Corporate Social Responsibility) dari Suitmedia. Berhubung beberapa dari kami di Suitmedia adalah orang-orang yang cukup beruntung untuk menikmati bangku kuliah di perguruan tinggi negeri terbaik, kami ingin memberikan sedikit sumbangsih kepada masyarakat, khususnya adik-adik kami yang sedang berjuang di SNMPTN. Dan respon yang kami terima pun cukup positif, banyak sekali anak-anak SMA yang terbantu dengan adanya MasukNegeri.com. Senang sekali rasanya.. :)


Juli
Bagi penggemar sepakbola, bulan Juli adalah bulan Final Euro 2012 – Spanyol dengan sukses membantai Italy 4-0. Di kompetisi ini, Spanyol sering bermain dengan formasi 4-6-0 dikombinasikan dengan possession football. Dari 6 kali pertandingan, mereka berhasil membuat 12 gol ke gawang lawan dan hanya kebobolan 1 gol. Offense wins games, but defense wins championships.


Agustus
Months of betrayal were coming.. Robin van Persie moved to Manchester United. Alex Song moved to Barcelona. And those were just the beginning..


September
Bulan ini saya cukup sibuk membagi waktu untuk pekerjaan dan persiapan keperluan studi lanjut. Sejak kuliah di ITB, saya sudah bercita-cita untuk melanjutkan studi Master di luar negeri setelah 3-4 tahun bekerja. Waktu itu, ada 3 program Master yang sesuai dengan minat saya: IT for Business IntelligenceManagement of IT, dan IT&Media MBA. Karena berbagai pertimbangan, akhirnya saya mengutamakan studi MBA di Korea. Di tengah-tengah kesibukan kerja, saya menyempatkan diri untuk test IELTS, bertemu dengan beberapa orang untuk meminta nasihat & rekomendasi, serta menyiapkan segala keperluan administrasi. Banyak hal yang saat itu terlihat impossible, ternyata possible.. mulai dari masalah waktu yang mepet, sampai uang untuk kirim dokumen pun kurang ^^'. Puji Tuhan, Dia buka jalan.. =)


Oktober
Hm.. salah satu project utama Suitmedia yang go live bulan ini adalah membantu digital campaign BlackBerry, yaitu Facebook app development untuk BB Action Challenge. Bulan ini saya kehilangan salah satu klien yang berpindah ke lain hati – anehnya, klien ini pindah ke agency yang gak lebih jago, tapi jauuuuuh lebih mahal. However, life is always moving on; lepas si hijau, datang si merah :).


November
Finally, good surprise came. Puji Tuhan, awal bulan November saya dapat kejutan panggilan telepon kedua dari Professor di Korea. Pesannya singkat, congratulation & prepare yourself.


Desember
Segalanya berjalan begitu cepat. Berusaha menyelesaikan dan mendelegasikan semua pekerjaan supaya bisa meninggalkan Suitmedia dengan tenang. One does not simply to announce farewell to coworkers.


tl;dr
Berbeda dengan tahun 2011 yang biasa saja, tahun 2012 lebih dari biasa buat saya. Both bad things and good things happened. Well, we should count our blessings, right? In the end, it's not the years in your life that count, it's the life in your years..

“You must make a decision that you are going to move on. It won't happen automatically. You will have to rise up and say: I don’t care how hard this is, I don’t care how disappointed I am, I’m not going to let this get the best of me. I’m moving on with my life.” ― Joel Osteen

Happy new year 2013! I hope we will get more awesome year in 2013! 화이팅!!

No comments :