Pelatihan OpenOffice.org

Kemarin, 13-14 Desember 2008, saya dan Roland berkesempatan untuk menjadi trainer di pelatihan OpenOffice.org. Pelatihan yang diselenggarakan di Laboratorium Dasar Informatika ITB oleh POSS ITB ini, diikuti oleh lebih dari 40 peserta. Pada kesempatan ini, saya mengajarkan tentang penggunaan Writer (termasuk Math) dan Calc, sedangkan Roland mengajarkan tentang Draw dan Impress.

Peserta pelatihan ini datang dari berbagai kalangan, kebanyakan dari mereka adalah guru dari sekolah-sekolah di Bandung. Latar belakang kemampuan komputernya pun beragam, ada yang sudah mahir menggunakan MS Office, ada yang tidak terlalu mahir, dan bahkan ada yang sangat awam terhadap komputer (kalau gak mau dicurigai belum pernah mengoperasikan komputer ;). Saat memberikan pelatihan ini, saya jadi teringat ketika dulu menjadi asisten kuliah TIK bagi mahasiswa jalur  bridging (Kemitraan Nusantara) ITB 2008. Saat itu latar belakang calon mahasiswanya pun beragam karena asal daerah mereka berbeda-beda, ada yang dari kota besar dan tak sedikit yang dari kota kecil di pelosok negeri ini, yang mana masih asing dengan komputer. Begitu pula saat memberikan pelatihan ini, bukan tidak mungkin ada yang baru mulai belajar aplikasi perkantoran :). Satu hal yang bikin saya kagum dari peserta pelatihan kemarin adalah kemauan mereka untuk terus belajar di usia yang tidak terlalu muda lagi :).

Mengenai aplikasi OpenOffice.org 3, menurut saya ini adalah salah satu aplikasi open source terbaik yang pernah ada. Setidaknya ada 3 alasan kenapa saya bilang OpenOffice.org 3 ini sangat recommended:
  1. Gratis! Anda tidak perlu mengeluarkan uang sebesar US$ 150 - 680 untuk mendapatkan aplikasi perkantoran yang lengkap. Terlebih penting lagi, Anda tidak perlu melakukan pembajakan software jika tidak punya uang. ;)
  2. Semua kebutuhan umum aplikasi perkantoran (yang biasa dikerjakan di MS Office) bisa dikerjakan di OpenOffice. Isu layout yang kacau saat membuka .doc dari MS Office di OpenOffice pun sudah diperbaiki secara drastis, meskipun belum sempurna.
  3. Ada fitur "Export to PDF" ... dan Anda pun akan menghemat uang (lagi) sebesar US$449 :).
Belum punya OpenOffice? Langsung saja unduh installer-nya di sini atau di sini (mirror Indonesia ;).

cheers...

No comments :